Sabtu, 22 Oktober 2016

TUGAS1_EKOPERASI_TEAMWORK

Tugas Softskill Lisa Triana

TUGAS1_EKOPERASI_TEAMWORK


Perlunya Kerjasama Tim (Teamwork) Dalam Segala Hal




Bisnis Menyaksikan pertandingan menuju semi final piala Dunia 2010 di stadion Green Point malam yang lalu (kalau kita sih nontonnya di layar kaca masing-masing) antara Jerman Vs Argentina kemarin malam yang berakhir 4-0 untuk kemenangan tim "Der Panzer" Jerman, sungguh menarik bukan?
Lihat saja gocekan dan aksi anak asuhan Pelatih Joachim Loew : Thomas Muller, Miroslav Klose, Podolski, Schweinsteiger, Arne Friedrich dkk hingga terciptanya "penyelesaian" goal yang apik hasil kerjasama team (teamwork) selain keterampilan individu yang ciamik. 
Disamping itu tak kalah pentingnya peranan kerjasama pemain lainnya gelandang, bek dan kiper Manuel Neuer.  " kami bermain sebagai tim.Saya tidak bisa bermain individualistis. Kami bekerja sama dan hasilnya luar biasa," demikian yang dilontarkan Muller. 
Yang menarik bagi saya (baca : nyang gue demen) adalah kerjasama tim yang kompak, mereka tidak individualis dan egois. Sebenarnya mungkin saat mereka sudah di dekat gawang, mereka bisa saja tendang langsung ke gawang lawan by himself, tapi mereka lebih memilih mengoper bola matang ke kawan yang untuk seterusnya tinggal dijebloskan dg mudah. 
Dalam bisnis ada pepatah : We can do anything in the teamwork...banyak hal yang bisa dikerjakan dengan adanya kerjasama tim. Jadi selain kepiawaian (baca:kreativitas) para karyawan, tentu dibutuhkan kerja sama tim yang rukun dan kompak. Kalau sesama pemain kantor (baca: karyawan)..tidak rukun dan kompak, ya tentu selain akan mengganggu kenyamanan kerja, stabilitas kerja dan produktivitas, juga akan membuat perusahaan tidak berkembang bahkan mungkin akan berhenti. Jadi, dalam hal ini, perlu kerjasama tim yang baik dari semua divisi/departemen. 
Dalam sebuah perusahaan, semua departemen adalah satu kesatuan. jika diperlukan seorang akunting bisa ikut sebagai sales person/tidak alergi dengan persoalan marketing (sehingga tidak ada kesan akunting menghemat uang tapi marketing atau bagian produksi menghamburkannya), orang pemasaran bisa menghemat uang, HRD bisa menghasilkan uang bagi perusahaan, dst. 
Salah satu ciri dalam organisasi itu, ada teamwork yang kuat, salah satunya adalah semua orang di dalamnya menganggap perbedaan pendapat, adu argumentasi, saling mengisi, merupakan bagian dari proses bisnis yang wajar, karena masing-masing ingin memberikan yang terbaik bagi perusahaan.
Ciri Pemimpin yang Sukses Dalam Sebuah Teamwork Dalam sebuah teamwork tentu ada pemimpinnya. Seorang pemimpin sebuah organisasi harus mempunyai visi-visi tertentu sesuai dengan karakter dan tujuan dasar adanya organisasi tersebut. Pemimpin yang berhasil biasanya memiliki tim yang solid. Memang tidak mudah untuk merekrut untuk melengkapi anggota tim sehingga komplit dengan fungsi masing-masing yang bekerja serentak untuk mencapai tujuan.
Tugas seorang pemimpin dalam teamwork bukan hanya menemukan orang yang sempurna, tetapi lebih pada mengelola kelebihan dan kekurangan orang sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah harmoni untuk pencapaian tujuan bersama. Ia  kadang harus memutuskan lebih baik tim nya bolong untuk sementara, daripada merekrut tergesa-gesa, dan ternyata anggota baru ini malah menjadi penghambat di dalam tim. Ia percaya bahwa bukan orang yang luar biasa cemerlang dengan latar belakang akademis yang mengesankan yang menentukan kesuksesan kinerja tim, tetapi lebih pada bagaimana orang itupunya kemampuan beradaptasi dengan budaya dan nilai-nilai yang berlaku di perusahaan. 
Sir Richard Bronson pendiri Virgin Group dalam artikelnya mengenai kiat jitu merekrut orang, menuliskan "It is better to have a hole than having an asshole in your team" (lebih baik punya lubang yang membuat tim menjadi kurang lengkap daripada ada satu orang yang menjadi penghambat kinerja tim.
Pemimpin yang sukses melalui teamwork akan memprioritaskan pengembangan hal-hal berikut yang ada pada masing-masing anggota tim : 
·         Menawarkan dukungan / bantuan dan tidak menunggu ditanya / disuruh.
·         Berusaha keras bagaimana supaya bisa memahami dan berkontribusi terhadap tujuan organisasi/ tim
·         Mampu mengenali implikasi (akibat tidak langsung) dari tindakan maupun apa yang tidak dilakukan terhadap anggota tim yang lain.
·         Menunjukkan respect (rasa menghargai) terhadap kebutuhan, perasaan, dan pandangan anggota tim yang lain.
·         Mempromosikan sense of belonging (rasa memiliki) bagi kepentingan organisasi secara keseluruhan.
·         Mendorong semua orang untuk berkontribusi
·         Mengkomunikasikan tujuan dengan baik.
Steve Jobs pendiri Apple Inc adalah salah satu pemimpin yang percaya bahwa "hal-hal besar dalam bisnis tidak pernah dilakukan oleh satu orang, tetapi oleh tim". 

Analisis : Dari artikel di atas saya akan menganalisis bahwa pentingnya kerja sama atas team work antar tim dalam segala hal. Dalam kerja sama antar tim itu sangat perlu agar mempermudah dan meringankan untuk melakukan tendangan ke gawang agar cepat gol dan mendapatkan keberhasilan. Setiap tim mempunyai sebuah tujuan bersama agar mendapatkan penghargaan dalam semi final piala dunia. Tanpa adanya team dan kerja sama yang baik antar pemain tidak akan mendapatkan hasil yang baik ataupun kesuksesan dalam hasil akhir di semi final piala dunia. Tentu para pemain dan pemain lainnya sangat perlu dan membutuhkan kerja sama tim yang rukun dan kompak. Dengan adanya kerjasama tim yang kompak akan mudah untuk bisa mendapatkan skor yang banyak sesuai tujuan. Jika tidak kompak maka tentu mengganggu kenyamanan dalam bermain dan ke egoisan antar pemain masing-masing dan tidak menghasilkan kerja sama yang baik agar mendapatkan juara di final piala dunia tersebut. Ada teamwork yang kuat dan tanpa ke egoisan dalam setiap orang/pemain masing-masing akan memberikan yang terbaik untuk keberhasilan bersama. Setiap team juga pasti di dalamnya ada perbedaan yang mempunyai pendapat dan caranya masing-masing agar mencapai tujuan tersebut tetapi itu semua merupakan bagian dari proses kerja sama yang baik dalam kesuksesan bersama. Dalam sebuah teamwork pasti tentu ada pemimpin yang ikut berperan dalam ke suksesan sebuah kerjasama. Seorang pemimpin sebuah organisasi tersebut harus mempunyai visi-misi yang jelas dengan karakter dan tujuan awal dalam organisasi tersebut. Jika pemimpin berhasil maka ia memiliki tim yang solid dan kompak. tidak mudah untuk menyatukan anggota-anggota tim agar menjadi satu dalam berbeda dengan mempunyai pendapat dan karakternya masing-masing sehingga menjadi tim yang komplit dan bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan dalam medapatkan hasil yang baik. Dan setiap tugas seorang pemimpin pasti dalam teamwork bukan hanya menyatukan masing-masing anggotanya menjadi satu untuk menumukan keberhasilan, tetapi lebih mengelola lagi kelebihan dan kekurangan orang-orang dengan demikian rupa sehingga menjadi sebuah keharmonisan untuk pencapaian tujuan tim bersama. Pemimpin juga harus memikirkan untuk memutuskan anggota-anggotanya untuk menempatkan sesuai kelebihannya masing-masing agar tidak salah menempatkannya. Bahwa di dalam keberhasilan sebuah tujuan tertentu pasti di dalamnya ada orang yang berperan luar biasa dengan latar belakangnya masing-masing yang mendapatkan hasil kesuksesan kinerja tim yang baik tanpa memikirkan ke egoisannya sendiri. Karena jika salah satu anggotanya tersebut tidak mempunyai pendapat yang sama dan kerjasama yang kurang kompak maka tidak akan mendapatkan hasil akhir yang baik. Satu orang bisa menjadi penghambat kinerja tim yang baik untuk mencapai sebuah tujuan keberhasilan. Kesuksesan dalam suatu keberhasilan pasti ada seseorang yang ikut berperan serta mendapatkan hasil yang maksimal dan di dalamnya pasti ada kerja sama yang baik dalam setiap anggotanya untuk mencapai tujuan tim bersama. Tanpa kerja sama yang baik tentu susah untuk bisa mencapai tujuan dan keberhasilan yang baik pula.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.